Apa itu Kecemasan Berlebihan dan bagaimana mengatasinya

Kecemasan Berlebihan | Anda mungkin pernah mengalami kondisi Cemas, kodnisi ini merupakan kondisi emosional yang normal dan wajar. Menjadi tidak wajar dan mengganggu adalah ketika Kecemasan tersebut berlebihan.

Secara normal, cemas adalah respon tubuh terhadap ancaman dari lingkungan luar. Saat kita merasa terancam oleh kondisi bahaya, otak mengirimkan perintah kepada tubuh untuk mengeluarkan sebuah senyawa bernama adrenalin. Adrenalin menimbulkan perasaan waspada dan memberikan kekuatan bagi tubuh untuk melakukan respon fight (serang) or flight (lari). Tapi, gangguan kecemasan tidak bisa dianggap sebagai cemas biasa, karena ini merupakan sebuah bentuk gangguan mental.

kecemasan berlebihan


Kecemasan adalah respon terhadap situasi tertentu yang mengancam, dan merupakan hal yang normal terjadi menyertai perkembangan, perubahan, pengalaman baru atau yang belum pernah dilakukan, serta dalam menemukan identitas diri dan arti hidup. Kecemasan adalah reaksi yang dapat dialami siapapun. Namun cemas yang berlebihan atau kecemasan berlebihan, apalagi yang sudah menjadi gangguan akan menghambat fungsi seseorang dalam kehidupannya.

Gejala-Gejala Kecemasan

Kecemasan adalah suatu keadaan yang menggoncangkan karena adanya ancaman terhadap kesehatan. Individu-individu yang tergolong normal kadang kala mengalami kecemasan yang menampak, sehingga dapat disaksikan pada penampilan yang berupa gejala-gejala fisik maupun mental. Gejala tersebut lebih jelas pada individu yang mengalami gangguan mental. Lebih jelas lagi
bagi individu yang mengidap penyakit mental yang parah.

Gejala-gejala yang bersifat fisik diantaranya adalah : jari tangan dingin, detak jantung makin cepat, berkeringat dingin, kepala pusing, nafsu makan berkurang, tidur tidak nyenyak, dada sesak.Gejala yang bersifat mental adalah :  ketakutan merasa akan ditimpa bahaya, tidak dapat memusatkan perhatian, tidak tenteram, ingin lari dari kenyataan.

Kecemasan juga memiliki karakteristik berupa munculnya perasaan takut dan kehati-hatian atau kewaspadaan yang tidak jelas dantidak menyenangkan. Gejala-gejala kecemasan yang muncul dapat berbeda pada masing-masing orang. Takut dan cemas merupakan dua emosi yang berfungsi sebagai tanda akan adanya suatu bahaya. Rasa takut muncul jika terdapat ancaman yang jelas atau nyata, berasal dari lingkungan, dan tidak menimbulkan konflik bagi individu. Sedangkan kecemasan muncul jika bahaya berasal dari dalam diri, tidak jelas, atau menyebabkan konflik bagi individu.

Kecemasan berasal dari perasaan tidak sadar yang berada didalam kepribadian sendiri, dan tidak berhubungan dengan objek yang nyata atau keadaan yang benar-benar ada. Kholil Lur Rochman, mengemukakan beberapa gejala-gejala dari kecemasan antara lain :

  • Ada saja hal-hal yang sangat mencemaskan hati, hampir setiap kejadian menimbulkan rasa takut dan cemas. Kecemasan tersebut merupakan bentuk ketidakberanian terhadap hal-hal yang tidak jelas. 
  • Adanya emosi-emosi yang kuat dan sangat tidak stabil. Suka marah dan sering dalam keadaan exited (heboh) yang memuncak, sangat irritable, akan tetapi sering juga dihinggapi depresi.
  • Diikuti oleh bermacam-macam fantasi, delusi, ilusi, dan delusion of persecution (delusi yang dikejar-kejar).
  • Sering merasa mual dan muntah-muntah, badan terasa sangat lelah, banyak berkeringat, gemetar, dan seringkali menderita diare.
  • Muncul ketegangan dan ketakutan yang kronis yang menyebabkan tekanan jantung menjadi sangat cepat atau tekanan darah tinggi.

Nevid Jeffrey S, Spencer A, & Greene Beverly mengklasifikasikan gejala-gejala kecemasan dalam tiga jenis gejala, diantaranya yaitu :

  1. Gejala fisik dari kecemasan yaitu : kegelisahan, anggota tubuh bergetar, banyak berkeringat, sulit bernafas, jantung berdetak kencang, merasa lemas, panas dingin, mudah marah atau tersinggung.
  2. Gejala behavioral dari kecemasan yaitu : berperilaku menghindar, terguncang, melekat dan dependen
  3. Gejala kognitif dari kecemasan yaitu : khawatir tentang sesuatu, perasaan terganggu akan ketakutan terhadap sesuatu yang terjadi dimasa depan, keyakinan bahwa sesuatu yang menakutkan akan segera terjadi, ketakutan akan ketidakmampuan untuk mengatasi masalah, pikiran terasa bercampur aduk atau kebingungan, sulit berkonsentrasi.

Bagaimana mengatasi Kecemasan berlebihan



Ada banyak cara untuk mengatasi rasa cemas berlebihan atau Kecemasan Berlebihan, diantaranya:

  1. MENDEKATKAN DIRI KEPADA TUHAN. Ini adalah langkah yang paling penting dan utama dalam mengatasi kecemasan. Dengan anda semakin mendekatkan diri pada Tuhan anda akan jauh lebih rileks dan tenang, anda akan mendapatkan rasa aman. Banyak orang dengan cara ini mendapatkan kemajuan yang luar biasa. Anda harus punya keyakinan bahwa semakin anda dekat dengan Tuhan maka anda semakin mudah sembuhnya
  2. MENGALIHKAN PERHATIAN. Cara mengatasi kecemasan yang juga efektif adalah dengan cara mengalihkan perhatian anda. Misalnya dengan cara anda ngobrol dengan teman anda, hubungi teman lama anda. Dengan anda bercerita dengan teman teman anda akan jauh lebih relaks dan membuat kecemasan anda menurun. Cara menghilangkan rasa cemas yang lain adalah dengan mengalihkan adalah dengan menyibukkan diri dalam pekerjaan sehingga anda tidak memberikan kesempatan pada diri anda untuk berpikir yang aneh aneh
  3. MENGGUNAKAN HIPNOTERAPI. Tahukah anda bahwa cara mengatasi dan menghilangkan kecemasan yang efektif adalah dengan hipnoterapi? Ketakutan dan kecemasan itu letaknya ada di level pikiran bawah sadar, dan anda perlu melakukan intervensi ke pikiran bawah sadar anda dengan menggunakan hipnoterapi. Akar dari kecemasan di bawah sadar seringkali tidak seperti yang anda anggap selama ini.
Hipnoterapi itu bukan seperti yang selama ini anda lihat di televisi. Selama anda melakukan hipnoterapi anda sadar dan tidak digunakan alat atau obat sama sekali dan tidak ada mistis atau kuasa gelap sama sekali. Gelombang otak anda ada di level pikiran bawah sadar tapi anda tetap sadar dan tetap bisa merespon.  Jadi anda sangat aman dengan melalukan hipnoterapi.

Dimana tempat hipnoterapi yang terbaik untuk mengatasi dan menghilangkan kecemasan?
Tempat terbaik untuk mengatasi menghilangkan kecemasan berlebihan adalah melakukan terapi di klinik hipnoterapi jakarta bekasi yang ditangani oleh Jimmy K Santosa.  Klinik hipnoterapi jakarta bekasi yang ditangani Jimmy K Santosa ini sudah beroperasi sejak 2009 sampai sekarang.

Silakan kontak whatsapp atau sms ke 085 880 960 920 untuk info lebih detail

Salam sehat bahagia

*Tulisan diambil dari berbagai sumber

Comments